Selamat datang di website resmi Rumah Sakit dr. Soekardjo

 

                               dr. Toha Sapari, Sp.B

Banyak masyarakat yang menyepelekan masalah wasir, namun tahukah anda bahwa wasir selain sangat mengganggu juga berbahaya jika dibiarkan? wasir atau sebagian masyarakat menyebutnya dengan ambeien merupakan penyakit yang tidak asing, tentu saja karena masyarakat banyak yang menderita penyakit ini, dilansir dari data rekam medis RSUD dr. Soekardjo bahwa penderita wasir untuk pasien yang menjalani rawat inap rata-rata sejumlah 5 – 6 orang di setiap bulannya.

Ditemui disela-sela kesibukannya dokter spesialis bedah yakni dr. Toha Sapari, Sp. B yang saat ini bekerja di RSUD dr. Soekardjo mau berbagi informasi seputar wasir, dr. Toha mengatakan bahwa wasir atau dalam istilah medis disebut Hemoroid merupakan penonjolan mukosa atau pembuluh darah disekitar lubang dubur atau anus, sementara untuk tahapannya wasir ini ada empat grade yaitu grade 1 sampai grade 4.

“Sebagian besar pasien mengeluhkan gejalanya teraba ada benjolan disekitar anus, disertai rasa nyeri dan parahnya ada perdarahan ketika buang air besar, bila tidak ditangani, ini bukan sekadar tidak nyaman, tetapi memunculkan penyakit lain, misalnya jika terejadi jangka panjang dan ada darah terus-menerus saat buang air besar, maka akan terjadi anemia defisiensi zat besi” tuturnya.

Toha menambahkan bahwa wasir mayoritas terjadi karena meningkatnya tegangan disekitar anus, orang yang kurang bergerak atau kuirang beraktivitas memiliki resiko, BAB yang tidak lancar atau BAB dengas feces yang keras sehingga seseorang sering mengedan terlalu keras maka munculah gejala awal wasir tersebut.

“Wasir rata-rata menyerang orang dengan usia produktif sampai usia lanjut, wasir juga sering terjadi pada wanita pasca melahirkan, yang mana wanita yang menjalani persalinan secara normal lebih resiko terkena wasir karena harus mengedan yang keras saat melahirkan” ujarnya.

Menurut dr. Toha penderita wasir biasanya dikasih obat oleh dokter untuk mengecilkan wasir dan jika terjadi perdarahan biasanya diberi obat anti perdarahan, secara umum penderita wasir yang harus dioperasi adalah wasir antara grade 3 atau grade 4, tapi tidak menuntup kemungkinan penderita wasir grade 1 atau grade 2 bisa dilakukan operasi jika menimbulkan gejala yang parah dan mengganggu pasien, namun secara umum wasir grade 1 atau grade 2 dicoba terlebih dahulu dengan menggunakan obat, hanya saja pasien biasanya tidak sembuh total hanya dengan mengkonsumsi obat saja.

“Wasir yang telah dioperasi mungkin saja mengalami kekambuhan, jika pasien tersebut menjalani kembali faktor resiko penyebab wasir yakni gaya hidup yang tidak sehat sehingga akhirnya terjadi kekambuhan, untungnya di jaman yang kian modern seperti sekarang ini, ada tehnik-tehnik yang diterapkan saat operasi untuk mencegah wasir kambuh kembali, namun meskipun begitu gaya hidup sehat tentu saja yang paling utama yang terus harus dilakukan oleh masyarakat” kata dr. Toha

Untuk mencegah agar terhindar dari penyakit wasir, jalanilah gaya hidup yang sehat salah satunya yaitu jalani pola hidup GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup sehat) seperti yang selalu di gembor-gemborkan di rumah sakit ini oleh instalasi PKRS di dalam setiap penyuluhannya, seperti mengkonsumsi buah dan sayur setiap hari dengan cukup air dan serat, rajin olah raga yakni 30 menit sehari karena dengan olah raga teratur peristaltik usus akan lebih normal sehingga BAB kita lebih lancar dan jangan lupa lakukan cek kesehatan secara teratur, dengan gaya hidup ini maka kita akan terhindar dari resiko wasir. (Kosdinar/PKRS/Adv)***

 

Related Post