Selamat datang di website resmi Rumah Sakit dr. Soekardjo

dr. Wasisito Hidayat, M.Kes

Terciptanya suasana yang aman dan nyaman adalah impian semua orang, begitu juga dengan Rumah Sakit, ketika suatu Rumah Sakit memiliki para pegawai yang dibekali dengan keterampilan disertai dengan fasilitas keselamatan yang memadai,  maka secara sendirinya Rumah sakit akan menciptakan suasana yang aman bagi pasien maupun keluarga yang berkunjung.

Baru-baru ini RSUD dr. Soekardjo mengadakan suatu acara simulasi kebakaran yang diikuti oleh sejumlah pegawai, acara ini mengambil topik ‘Panduan Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran di Rumah Sakit, pada kegiatan ini RSUD dr.Soekardjo berkerjasama dengan pihak dinas pemadam kebakaran Kota Tasikmalya.

“Memiliki rasa tanggap terhadap bencana adalah hal yang mutlak harus dimiliki oleh setiap pegawai karena bencana seperti kebakaran adalah hal yang datang tanpa kita inginkan, itulah sebabnya kami melakukan simulasi bencara kebakaran hari ini, untuk melatih serta menyiapkan sumber daya dalam penanggulangan bencana  sesuai dengan standard operasional prosedur penanggulangan bencana yang sekaligus sebagai kegiatan untuk menguji cobakan sistem  siaga bencana  dengan tujuan keselamatan”,  Ujar dr. Wasisto Hidayat, M.Kes saat kami wawancarai di sela-sela kegiatan.

dr.Wasisto juga menambahkan bahwa kegiatan ini disamping mempersiapkan tim sumber daya dalam penanggualang benacana kebakaran atau yang disebut dengan Team Code Red, kegiatan ini juga dimaksudkan sebagai salah satu persiapan akreditasi Rumah Sakit yang mana keterampilan ini harus dikuasai oleh seluruh pegawai Ruamh Sakit tanpa terkecuali .

“Simulasi penanggulangan bencana kebakaran merupakan kegiatan kesiapsiagaan seluruh pegawai dalam mengahadapi bencana, hal tersebut merupakan bukti nyata bahwa RSUD dr. Soekardjo berkomitment dalam meningkatkan mutu pelayanan dan Keselamatan terhadap pasien, keluarga dan pengunjung Rumah Sakit “ tandasnya.

“Kami ucapkan terimakasih kepada Dinas Pemadam Kebakaran Kota Tasikmalaya yang telah bekerja keras mengajari kami banyak hari ini, tidak hanya bentuk pengetahuan berupa panduan pencegahan dan penanggulangan kebakaran namun juga berbentuk keterampilan berbagai cara memadamkan api, teknik penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) dan Alat Pemadam Api Tradisional (APAT)” kata dr. Wasisito.

Kebakaran dapat terjadi kapan saja dan dimana saja, Kebakaran dapat membawa konsekuensi yang berdampak merugikan banyak pihak apalagi bila terjadi di rumah sakit, kesiapan rumah sakit dalam melindungi pasien pun harus menjadi prioritas dan keharusan. Dalam prosedur penanggulangan bencana kebakaran di rumah sakit hari ini, setiap pegawai RSUD dr. Soekardjo tidak hanya dapat melakukan kemampuan dasar yang meliputi penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR), namun juga harus memiliki teknik evakuasi Bencana, hingga Bantuan Hidup Dasar dan ini merupakan PR besar bagi kami.

“Saya merasa bahagia hari ini, melihat semangat dan antusias para pegawai RSUD dr. Soekardjo mengikuti kegiatan dari awal hingga akhir, mereka bahkan tidak ragu-ragu mengikuti kegiatan latihan kebakaran outdoor  dilapangan parkir meski cuaca sedang panas-panasnya hari ini” tambah dr. Wasisito. (Kosdinar/PKRS/Adv)***

simulasi kebakaran di RSUD dr. Soekardjo

Attachments
  • dsc_0012

Related Post