Selamat datang di website resmi Rumah Sakit dr. Soekardjo

RSUD dr. Soekardjo Tasikmalaya menyelenggarakan peringatan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia atau World Mental Health Day pada hari kemarin (Selasa, 10 Oktober 2017), hari kesehatan jiwa sedunia yang selalu diperingati setiap tahunnya diseluruh dunia setiap tanggal 10 Oktober ini dijadikan momentum baik untuk Instalasi Promosi Kesehatn Rumah Sakit (IPKRS) yang bertanggung jawab menyelenggarakan peringatan hari besar kesehatan di RSUD dr. Soekardjo dengan memberikan penyuluhan kesehatan kepada para pasien rawat jalan di poliklinik jiwa.

Wasisito Hidayat, M. Kes selaku Direktur RSUD dr. Soekardjo Tasikmalaya ikut berkomentar menenai hal ini, beliau mengatakan bahwa Rumah Sakit secara rutin selalu menyelenggarakan berbagai macam kegiatan untuk menyelenggarakan peringatan hari-hari besar kesehatan contohnya seperti sekarang ini. “Untuk minggu ini kami menyelenggarakan peringatan hari kesehatan jiwa sedunia yang jatuh pada tanggal 10 oktober, kegiatan ini di prakarsai oleh IPKRS bekerjasama dengan poliklinik jiwa, melaui kegiatan ini diharapkan para pasien yang menjalani rawat jalan beserta keluarga yang mengantarnya berobat diberikan tambahan pengetahuan terutama masalah kesehatn jiwa oleh para penyuluh kesehatan dari rumah sakit kami” ungkapnya.

Beliau mengungkapkan rasa bangganya bisa menyelenggarakan kegiatan seperti ini, beliau juga memberikan apresiasi yang bagus untuk IPKRS yang mana disela-sela kesibukan mempersiapakn akreditasi rumah sakit yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini namun mereka tetap mampu menjaga eksistensinya dengan melakukan berbagai macam kegiatan edukasi tidak hanya di dalam rumah sakit namun juga diluar rumah sakit yang mereka selenggarakan akhir-akhir ini.

“Peringatan hari kesehatan jiwa tahun ini mengambil tema ‘Stress di tempat kerja’, menurut saya ini sangat bagus, yang mana ketika mayoritas orang lebih menyoroti masalah kesehatan fisik untuk para pekerja namun dengan tema tahun ini setidaknya masyarakat diberi kesadaran betapa pentingnya juga menjaga kesehatan psikis terutama untuk para pekerja demi meningkatkan kualitas kinerja tiap orang, yang dimaksud saya pekerja disini tentu saja bukan hanya pegawai kantoran atau rumah sakit, namun juga termasuk jenis pekerjaan lain seperti pedagang, seniman dan lainnya yang perlu kita akui bahwa masalah stress dalam pekerjaan itu selalu kita temui apapun jenis pekerjaannya” terang dr. Wasisto.

Direktur : dr. Wasisito Hidayat, M.Kes

Melalui kegiatan penyuluhan ini diharapkan pada audiens mampu mengenali bahaya stress untuk kesehatan termasuk cara mengurangi atau mengatasi stress, sehingga mereka bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari dan bagi pasien-pasien yang menjalani rawat jalan di poliklinik jiwa terutama mereka yang memiliki masalah stress dan kecemasan bisa lebih terkontrol emosinya.

Selain itu kami juga sempat mewawancarai wakil kepala IPKRS RSUD dr. Soekardjo yakni ibu Ai Dewi Hendriani, SKM yang kebetulan menghadiri acara penyuluhan kemarin,beliau mengungkapkan kegembiraannya acara ini terlaksana dengan lancar. “Kami inginnya melakukan kegiatan yang lebih besar dan meriah, namun sayangnya keteterbatasan waktu kami mempersiapkan ini semua terkait kesibukan menghadapi akreditasi, selain itu kami juga inginnya menghadirkan dokter spesialis jiwa secara langsung sebagai narasumber namun kami menyadari betapa sibuknya beliau dalam memberikan pelayanan pengobatan di poliklinik, namun semua itu tidak jadi hambatan bagi kami yang mana kami saat ini menggunakan tenaga penyuluh profesioanal PKRS untuk kegiatan penyuluhan kali ini dan alhamdulillah kegiatan ini terlaksana dengan baik” ungkapnya.

Di jaman kemajuan di segala bidang seperti sekarang ini menuntut  manusia untuk mempunyai kinerja yang lebih baik. Peralatan kerja semakin modern dan efisien,  dan di lain pihak beban juga semakin  bertambah sehingga menuntut energi lebih  besar dari sebelumnya, dampak dari fenomena ini adalah stres kerja yang meningkat. Topik ini sangat layak untuk dibahas lebih lanjut dan diketahui oleh masyarakat yang mana kita semua terkadang mengalami gangguan kejiwaan berupa stress, cemas atau depresi namun sayang kita tidak menyadari itu semua, apakah itu memerlukan penanganan atau tidak termasuk bagaimana cara menejemen stress yang baik. (Kosdinar/PKRS/Adv)***

Attachments
  • gomeirongtemp_mr1507611669669

Related Post