Selamat datang di website resmi Rumah Sakit dr. Soekardjo

Tenaga Penyuluh Kesehatan RSUD dr. Soekardjo

Selasa (19/09/2017) dalam helaran hari ke-2 rangakaian acara HUT SMAN 10 Tasikmalaya yang ke-11, RSUD dr. Soekardjo Tasikmalaya di undang dan dipercaya untuk mengsisi acara penyuluhan kesehatan dan baksos berupa cek kesehatan gratis dan kegiatan donor darah yang diikuti oleh kepala sekolah, jajaran guru pengajar dan seluruh siwa-siswinya.

Kegiatan yang diprakarsai oleh Instalasi Promosi Kesehatan Rumah Sakit (IPKRS) bekerja sama dengan Unit Tranfusi Darah (UTD) RSUD dr. Soekardjo Kota Tasikmalaya beserta Yayasan Setara Indonesia ini berjalan cukup lancar, mereka tampak  antusias mengikuti seluruh rangkaian acara yang digelar sejak pagi-pagi, sehingga acarapun tampak berlangsung sangat meriah.

Ibu Evi Tan Sun Lan, S.ST selaku kepala Instalasi PKRS RSUD dr. Soekardjo mengatakan bahwa acara ini digelar dalam rangkaian HUT SMAN 10 Tasikmalaya yang ke-11, kebetulan kami bekerja sama dengan pihak SMA 10 Tasikmalaya untuk menggelar acara penyuluhan kesehatan dan baksos ini, diakuinya kegiatan ini membuatnya merasa senang melihat antusiasme kepala sekolah, jajaran guru beserta  siswa siswi disini dalam mengikuti seluruh rangkaian acara ini.

Ibu Evi menambahkan bahwa kepala sekolah dan jajaran guru disini sangat ramah dan welcome dengan kami, mereka menyambut kami dengan penuh kegembiraan. “Acara penyuluhan kali ini tidak mendatangkan dokter sebagai tenaga penyuluh sehubungan padatnya jadwal pelayanan di RS kami, namun tidak kalah menarik kami menghadirkan tenaga kesehatan  PKRS yang telah terlatih, lulus dan telah mendapat sertifikat Training Of Trainer (TOT) untuk mengisi acara penyuluhan kesehatan ini” ujarnya.

Bapak Joni Darmawan, S.Pd, MM selaku Kepala Sekolah SMAN 10 Tasikmalaya berkomentar bahwa, kegiatan penyuluhan  beserta pemeriksaan kesehatan dan donor darah ini dipandangnya sangat  positif mengingat bahwa didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat, salah satu cara agar tubuh kita sehat itu menurutnya adalah dengan kegiatan donor adarh ini, karena dengan donor selain membantu sesama manusia, selain itu darah kita selaku pendonor akan akan beregenerasi sehingga tubuh menjadi segar dan bugar. “ kalau kita tidak bisa membantu sesama dengan materi kenapa tidak dengan darah kita yang kita donorkan untuk mereka yang membutuhkan!” tandasnya.

“Jujur saja ini merupakan pengalaman pertama bagi kami, kami selaku guru pengajarpun awalnya merasa takut dengan donor darah apalagi siswa-siswi kami, namun setelah mendapatkan penyuluhan dari tenaga penyuluh PKRS, dengan penjelasan yang rinci dan mudah dimengerti membuat kami yang awam semakin tertarik dan tertantang untuk mendonorkan darah, alhasil kami semua berbondong-bondong mendaftarakan diri sebagai pendonor, sekarang kami tahu ternyata manfaat donor darah bagi tubuh pendonor sangat banyak dan bagus disamping menolong nyawa orang lain, sehingga banyak dari kami akan mendonorkan darahnya hari ini” kata Pak Joni Darmawan.

Selain itu Pak Joni Darmawan juga mencurahkan harapannya, bahwa kegiatan seperti ini ingin terus berlanjut tidak hanya untuk hari ini, beliau berharap untuk terus menjalin kerja sama dengan pihak RSUD dr. Soekrdjo untuk acara kedepannya, curahan bahagianyapun ia ingin buktikan dengan kesediaannya  untuk mendonorkan darahnya, rangkaian acara HUT SMAN 10 Tasikmalaya dirasanya semakin sempurna dangan kegiatan hari ini. “setelah hari kemarin kita menggelar acara senam sehat beserta gerak jalan,  berbagai macam perlombaan, berbagai kreatifitas siswa beserta acara hiburan yang telah digelar secara meriah termasuk kegiatan hari ini, saya rasa HUT tahun ini terasa sangat berkesan!” tambahnya.

Seperti dilangsir dari hasil penelitian ilmiah American Journal of Epidemology yang menyebutkan bahwa pendonor darah aktif memiliki resiko 88 % lebih rendah terkena resiko serangan atau penyakit jantung, tidak hanya itu merekapun memiliki sekitar 33 % lebih rendah terkena penyakit jantung dan pembuluh darah lainnya, beberapa manfaat lainnya seperti seperti menurunkan resiko kanker, mengurangi level zat besi, kecantikan wanita seperti menurunkan berat badan dan mengencangkan kulit, selain kesehatan pendonor lebih terkontrol dan tentunya salah satu bentuk kegiatan sosial untuk membantu sesama karena setetes darah kita sangat berati bagi mereka yang membutuhkan. (Kosdinar/PKRS/Adv)***

Attachments
  • dsc_0210
  • dsc_0208
  • dsc_0175_mr1505793321184

Related Post