Selamat datang di website resmi Rumah Sakit dr. Soekardjo

audiens sedang menyimak penyuluhan dari narasumber

RSUD dr. Soekardjo Kota Tasikmalaya yang sebelumnya memang sudah memiliki kerjasama dengan ODHA atau sekarang lebih dikenal dengan nama Kelompok Dukungan Sebaya (KDS) dan sebagai salah satu persiapan dalam rangka menyambut Hari Aids sedunia yang jatuh pada hari Jum,at 1 Desember 2017, RSUD dr. Soekardjo menggelar acara penyuluhan kesehatan untuk KDS Sabtu 25 November 2017 yang bertempat di gedung Instalasi Rawat Jalan, penyuluhan kali ini bertajuk “Pemberian Penguatan Terapi ARV”.

Acara penyuluhan kesehatan  ini dibuka oleh Kepala Bidang Palayanan yaitu dr. H. Budi Tirmadi. Menurut Budi acara penyuluhan ini selain dimaksudkan untuk pemaparan terapi ARV, juga sebagai salah satu bentuk toleransi dan dukungan moril untuk para ODHA karena bagaimanapun mereka selain membutuhkan obat yang harus mereka konsumi secara teratur dengan melakukan konrol ke klinik teratai secara teratur, mereka juga membutuhkan dukungan secara psikis.

dr. Budi Tirmadi

”Respon perserta cukup bagus dibuktikan dengan kehadiran peserta yang cukup banyak dalam mengukuti  acara tini, terlihat pula antusiasme peserta dalam kegiatan ini dengan banyaknya peserta yang aktif bertanya kepada narasumber terutama seputar terapi ARV yang harus mereka konsumsi, seperti yang kita rencanakan kegiatan ini berjalan cukup lancar, peserta penyuluhan pun tampak dengan seksama menyimak materi yang dipaparkan oleh narasumber” ucao Budi.

Sri Dewi Widayanti yang merupakan dokter pemeriksa di klinik Teratai dan selaku pemateri pada acara ini mengatakan bahwa pengidap HIV AIDS setiap tahunnya selalu mengalami peningkatan. Oleh karena itu menurutnya ini butuh menanganan yang serius. Lebih lanjut dr. Sri menjelaskan bahwa HIV (Human Immunodeficiency Virus) menyerang sistem kekebalan tubuh manusia yang kemudian menimbulkan AIDS. Virus ini termasuk dalam golongan retrovirus, yang terdapat dalam cairan tubuh manusia. Sedangkan AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome) merupakan kumpulan gejala yang fatal karena terjadi kerusakan yang progresif pada sistem kekebalan tubuh sehingga menyebabkan manusia sangat rentan mudah terjangkit beberapa penyakit.

dr. Sri Dewi Widyanti

Sri menekankan bahwa penularan virus HIV AIDS adalah melalui darah, cairan vagina, cairan sperma, plasenta dan air susu ibu. “Untuk mencegah penularan penyakit HIV AIDS harus menjauhi hal-hal yang bisa menularkan virus ini, misalnya jangan menggunakan jarum suntik bersama-sama, jangan melakukan hubungan sex bebas, dan jauhilah narkoba, “ tandas Sri.

Sri juga menambahkan bahwa virus HIV AIDS tidak menular melalui air mata, air ludah, keringat, dan air seni ataupun melalui kehidupan sosial. Sebagian masyarakat belum mengetahui hal-hal apa saja yang bisa menularkan virus ini, bahkan sebagian masyarakat masih merasa takut untuk bersosialisasi dengan pengidap HIV AIDS, padahal mereka tidak seharusnya ditakuti atau di diskriminasi, sejatinya mereka butuh dukungan moril terlepas salah atau tidaknya kehidupan mereka dimasa lalu.

“Kelompok Dukungan Sebaya (KDS) merupakan komunitas yang memeberikan banyak manfaat terutama untuk para pengidap HIV, dengan berkomunitas mereka bisa menjalankan kehidupannya dengan penuh semangat, banyak kegiatan bermanfaat yang bisa mereka ikuti dalam komuntas, mereka juga bisa menyalurkan hobby mereka disamping mereka juga bisa beraktivitas dan bekerja seperti orang sehat lainnya” ucap Sri.

Selain itu kami juga berkesempatan mewawancarai ibu Evi Tan Sun Lan, S.ST selaku kepala Instalasi PKRS yang mana PKRS merupakan pihak yang ikut menyelenggarakan kegiatan ini, Evi mengaku bahwa dia cukup bangga menyelenggarakan kegiatan ini, menurutnya kegiatan ini sangat bermanfaat terutama bagi OHDA baru yang belum lama berobat ke klinik teratai, mereka mendapat penjelasan lengkap dari narasumber selain mereka mendapat dukungan psikis agar mereka tetap semangat menjalani kehidupannya meski harus terus mengkonsumsi obat sesuai yang diresepkan oleh dokter.

“Semoga kegiatan ini berjalan secara berkelanjutan dan semoga kerjasama RSUD dr. Soekardjo dengan KDS terus berjalan lancer dengan kegiatan-kegiatan lain yang bermanfaat, meskipun mungkin ini terdengar terlalu dini namun saya dengan mengatasnamakan PKRS dan RSUD dr. Soekardjo ingin mengucapakan selamat Hari Aids Sedunia yang jatuh pada tanggal 01 desember nanti, semoga mereka para ODHA tetap semangat dan tidak pantang menyerah dalam menghadapi kehidupannya”. Tandas Evi. (Kosdinar/PKRS/Adv)***

Attachments
  • dsc_0059
  • dsc_0050

Related Post