Selamat datang di website resmi Rumah Sakit dr. Soekardjo

                   dr. Nucky Fatraerlangga

Akhir-akhir ini hujan turun terus menerus hampir sepanjang hari, banyak dari masyarakat yang mengeluhkan gampang sakit dimusim hujan ini, tentunya kita membutuhkan tips bagaimana menjaga kesehatan di musim penghujan seperti sekarang ini agar kita tetap vit dan prima menjalani aktivitas.

Ditemui disela-sela kesibukannya, dr. Nucky Fatraerlangga yang saat ini bekerja sebagai dokter umum di RSUD dr. Soekardjo Kota Tasikmalaya bersedia berbagi tips bagaimana cara menjaga kesehatan di  musim penghujan, menurutnya saat musim hujan daya tahan tubuh menurun sehingga kita rentan sakit, teruatama ketika kita sering terpapar hujan secara langsung, pada saat musim hujan memang menjadi kesempatan mikroorganisme yang membuat sakit menyerang manusia, selain itu cuaca yang lebih dingin pada sat musim hujan akan berpengaruh juga terhadap daya tahan tubuh, karena pada saat cuaca dingin mikroorganisme penyebab penyakit lebih rentan menyerang saluran nafas seperti batuk dan flu.

“Dimusim hujan pastinya banyak terdapat genangan air bahkan banjir, berbagai penyakitpun bisa muncul dari air tersebut, kita harus waspadai berbagai penyakit yang bisa muncul seperti diare, demam berdarah dan typhoid atau tifus” ujar dr. Nucky.

Nucky menambahkan dimusim hujan juga kita harus waspada terhadap alergi terutama bagi mereka yang memiliki riwayat alergi seperti alergi dingin, jika hal tersebut terjadi mereka harus pintar-pintar menyiasatinya, misalnya selalu menggunakan jaket atau sweater, kaos kaki, sarung tangan dan bahan tenun penghangat lainnya, jika alergi bertambah parah segera hubungi dokter agar bisa ditangani segera dan diberi obat untuk mencegah dan mengurangi reaksi alerginya.

“Mencegah lebih baik dari pada mengobati, terutama jika sakit sudah terasa parah tentunya aktivitas kita jadi terhambat karena sakit, daya tahan tubuh yang baik sangatlah diperlukan agar kita terhindar dari berbagai penyakit” tuturnya.

Sarannya ada beberapa tips untuk kita ikuti agar mendapatkan daya tahan tubuh yang baik di musim penghujan, antara lain pola makan dan aktifitas fisik harus diperhatikan, makan tepat waktu dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi seperti 4 sehat 5 sempurna terutama perbanyak makan sayur dan buah yang telah dicuci bersih dengan air yang mengalir, jangan lupa rutin berolah raga minimal 30 menit sehari, selain itu jaga kebersihan diri dan lingkungan, jangan lupa rajin cuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir, lebih bagusnya hindari asap rokok.

“Sesibuk apapun kita beraktifitas, jangan lupa selalu memperhatikan kesehatan, jika kita merasa kelelahan dan daya tahan tubuh sudah mulai terasa drop padahal kita sudah melaksanakan pola hidup sehat , kita boleh sesekali mengkonsumsi multivitamin namun jangan terlalu memanjakan tubuh dengan mengkonsumsinya terus menerus apalagi kalau tubuh kita baik-baik saja karena itu justru akan lebih membahayakan kesehatan, karena sesungguhnya asupan nutrisi yang baik untuk tubuh kita  adalah melalui makan-makanan yang sehat dan seimbang yang kita konsumsi setiap hari” tuturnya.

Menurut dr. Nucky inti dari semua ini, agar kita selalu terhindar dari berbagai penyakit adalah dengan menjalankan GERMAS atau Gerakan Masyarakat Hidup Sehat seperti yang digembor-gemborkan Kementrian Kesehatan RI dan juga PKRS di RSUD dr. Soekardjo belakangan ini, dr. Nucky menambahkan bentuk kegiatan GERMAS antara lain melakuakn aktivitas fisik setiap hari minimal 30 menit sehari, rajin mengkonsumsi buah dan sayur setiap hari, rutin cek kesehatan secara berkala, hindari asap rokok, jangan sekali-kali mengkonsumsi alcohol, selalu gunakan jamban sehat, rajin membersihkan diri seperti mandi dan cuci tangan dan juga rajin membersihkan lingkungan sekitar.

“Ayo masyarakat Indonesia, kita dukung GERMAS karena sehat dimulai dari diri sendiri” tandas dr. Nucky. (Kosdinar/PKRS/Adv)***

Related Post