Selamat datang di website resmi Rumah Sakit dr. Soekardjo

Selasa, 13 Februari 2018 RSUD dr. Sokardjo kembali mengadakan kegiatan rutin berupa penyuluhan seputar kesehatan pada komunitas Prolanis (Program Pengelolaaan Penyakit Kronis). Kegiatan tersebut merupakan kerjasama antara RSUD dr. Soekardjo dengan Puskesmas Cipedes dalam rangka pemeliharaan kesehatan bagi peserta Prolanis untuk mencapai kualitas hidup yang optimal dengan menerapkan pola hidup GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat). Seperti kegiatan-kegiatan sebelumnya, RSUD dr. Soekardjo mengirimkan tenaga penyuluh Profesional dari Instalasi PKRS (Promosi Kesehatan Rumah Sakit), namun untuk penyuluhan kali ini PKRS mengambil tema GERMAS.

Direktur RSUD dr. Soekardjo dr. Wasisto Hidayat, M.Kes yang ditemui di sela-sela aktifitasnya menjelaskan bahwa kegiatan penyuluhan seputar Germas ini sangat bermanfaat khusunya bagi peserta Prolanis agar mereka bisa mencapai kualitas hidup yang optimal, mereka dapat menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari baik di kehidupan keluarga, maupun di lingkungan masyarakat.

“Peserta Prolanis diberikan penyuluhan agar selalu melaksanakan pola hidup Germas yaitu melakukan aktifitas fisik, mengkonsumsi buah dan sayur setiap hari, memeriksa kesehatan secara rutin, tidak merokok, tidak minum alkohol, membersihkan lingkungan dan menggunakan jamban sehat”, ujar Wasisto.

Wasisito menambahkan, bahwa dalam melaksanakan GERMAS, tentunya dibutuhkan peran serta seluruh lapisan masyarakat. Diantaranya untuk mempraktekan pola hidup sehari-hari yang dapat dilakukan oleh individu, keluarga dan masyarakat, sementara itu ntuk mensosialisasikan GERMAS di institusi dan organisasi dapat dilakukan oleh akademisi, dunia usaha dan organisasi masyarakat. Selain itu peran serta pemerintah pusat dan daerah dapat berupa penyediakan kurikulum pendidikan, fasilitas olah raga, sayur dan buah, fasilitas kesehatan, transportasi, kawasan tanpa rokok, taman untuk beraktifitas, iklan layanan masyarakat, car free day dan sebagainya.

“Diharaphan semua ini berdampak positif dengan meningkatnya derajat kesehatan masyarakat sehingga dapat meningkatkan produktifitas kerja, lingkungan menjadi bersih sehingga meminimalisir seseorang untuk terjangkit suatu penyakit, goalnya diharapkan mamapu mengurangi biaya untuk berobat, ayo..masyarakat Indonesia kita dukung GERMAS, karena sehat diawali dari diri sendiri” tandas Wasisito.

Selama kegiatan berlangsung, tampak jelas antusiasme peserta Prolanis sangat bagus, terbukti dengan banyaknya peserta yang berpartisipasi dalam kegiatan penyuluhan ini, selain itu peserta juga begitu komunikatif dengan banyaknya peserta yang meminta penjelasan dan bertanya seputar kesehatan.

Tenaga profesional penyuluh juga memberikan banyak motivasi kepada para PROLANIS bahwa pola hidup sehat memberikan banyak manfaat bagi manusia. Motivasi ini bertujuan agar masyarakat khususnya peserta Prolanis dapat terhindar dari faktor resiko penyebab Penyakit Tidak Menular (PTM) seperti kegemukan yang disebebkan oleh kurangnya aktifitas fisik, sembelit atau kanker usus yang disebabkan karena kurangnya mengkonsumsi sayur dan buah, kanker paru-paru yang diakibatkan oleh kebiasaan merokok, dan sebagainya, para audiens juga mendapat pemaparkan beragam contoh penyakit tidak menular lainnya yang tentunya dapat dicegah dengan GERMAS.

Seusai kegiatan penyuluhan, para peserta mendapatkan pemeriksaan kesehatan oleh para petugas kesehatan.

Attachments
  • 2018-02-13-12-42-55

Related Post