Selamat datang di website resmi Rumah Sakit dr. Soekardjo

World Hand Hygiene Day atau Hari Cuci Tangan Sedunia yang biasa diperingati setiap tanggal 8 Mei dan tahun ini WHO menyerukan pada setiap fasilitas pelayanan kesehatan untuk mencegah sepsis terkait perawatan kesehatan yang dimulai dari kebersihan tangan dan penanganan pencegahan infeksi. Sepsis diperkirakan menimpa sekitar 30 juta pasien setiap tahun di seluruh dunia. Pada World Health Assembly ke-70 yang diselenggarakan pada Mei 2017, Negara-negara Anggota mencari resolusi untuk meningkatkan pencegahan, diagnosis dan pengobatan untuk sepsis.

Kebersihan tangan yang efektif menjadi peran kunci dan pada hari kebersihan tangan dunia (5 Mei), fokus untuk semua orang terletak pada pencegahan sepsis dalam perawatan kesehatan. RSUD dr. Soekardjo Kota Tasikmalaya selaku rumah sakit pemerintah yang terletak di Kota Tasikmalaya ikut berperan aktif mengambil bagian dalam peringatan ini, menurut dr. H. Wasisto Hidayat, M.Kes selaku Direktur RSUD dr. Soekardjo mengatakan bahwa peringatan Hari Cuci Tangan ini diselenggarakan oleh Instalasi Promosi Kesehatn Rumah Sakit (IPKRS), yang mana tahun ini mereka melakukan penyuluhan terkait kesadaran mencuci tangan tyermasuk waktu dan langkah-langkah  yang benar dalam mencuci tangan yang ditujukan untuk masyarakat dalam dan luar rumah sakit, mulai dari pasien, keluarga, pengunjung, petugas parkir hingga para pedagang disekitar rumah sakit diberikan arahan dan penyuluhan bagaimana cara mencuci tangan yang benar.

“Peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia ini semoga menjadi momentum baik untuk seluruh lapisan masyarakat agar lebih aware lagi dengan kesehatan, terutama masalah cuci tangan, seperti kita tahu bahwa tangan memegang peranan penting dalam menetukan kesehatn seseorang mengingat tangan adalah anggota tubuh yang paling banyak kontak dengan apapun, sehingga akan menjadi media untuk terjadinya penularan penyakit, itulah sebabnya kegiatan mencuci tangan masuk dalam salah satu kegiatan PHBS (Prilaku Hidup Bersih dan Sehat)” ujar dr. Wasisito.

Attachments
  • 2018-05-07-14-48-301
  • 2018-05-07-14-51-19
  • 2018-05-07-14-50-001
  • 79img_13531

Related Post