Selamat datang di website resmi Rumah Sakit dr. Soekardjo

Tasik October Festival (TOF) merupakan helaran rutin tahunan yang diselenggarakan Pemerintah Kota Tasikmalaya dalam rangka memperingati HUT Kota Tasikmalaya yang tahun 2018 ini jatuh ke 17 tahun. Ada yang berbeda dari tahun sebelumnya, jika biasanya helaran budaya TOF ini diisi dengan Fashion carnaval namun tahun ini lebih spesial karena selain fashion carnaval juga diisi dengan jampana festival.

Tidak terkecuali dengan RSUD dr. Soekardjo Kota Tasikmalaya sebagai rumah sakit umum milik pemerintah sellau ikut berkontribusi dalam helaran akbar dalam memeriahkan HUT kota Tasikmalaya ini, untuk tahun ini RSUD mengambil tema ‘ISI PIRINGKU, AYO GEMAR MAKAN IKAN!’, menampilkan kostum dan jampana bernuansa ikan yang memiliki kearifan budaya local, merupakan salah satu bentuk dukungan RSUD dr. Soekardjo terhadap program Kemenkes RI yaitu “ISI PIRINGKU” yang salah satu isi dari programnya menghimbau kepada seluruh masyarakat supaya gemar mengkonsumsi ikan sebagai salah satu sumber protein. Tujuan dari tema ini adalah sesuai dengan visi RSUD dr. Soekardjo yaitu menjadi rumah sakit pendidikan dengan pelayanan prima, diharapkan lewat helaran TOF ini mampu memberikan pendidikan kesehatan dan menghimbau kepada masyarakat agar gemar mengkonsumsi ikan.

Sementara ini untuk  kegiatan fashion carnaval, RSUd dr. Soekardjo mempersembahkan dua kostum yang kostum tersebut diberi nama ‘The Layung Mistical Fish’ (talent wanita) dan ‘The Gendam Magical Fish’ (talent pria), sementara itu untuk talent/modelnya sendiri adalah dua pegawai RSUD dr. Soekardjo yang kompeten dan berpengalaman. Kostum ini merupakan kostum fantasi yang menonjolkan keindahan bordir dan batik khas Tasikmalaya, kostum bernuansa ikan ini diambil dari Mitos Situ Gede Tasikmalaya yaitu Si Layung dan Si Gendam, RSUD dr. Soekardjo sendiri dalam hal ini lebih menonjolkan bordir untuk menyesuaikan dengan tema yang diusung oleh panitia tahun ini yaitu Bordir Khas Tasik, Si Layung dan Si Gendam menggambarkan sosok ikan yang tulus, setia secara sempurna menjaga keamanan dan keselamatan makam Prabu Adilaya Dikusumah, menggambarkan RSUD dr. Soekardjo yang selalu berusaha memberikan pelayanan paripurna dengan mengutamakan keselamatan pasien.

Untuk jampana festival menampilkan sebuah jampana unik berbentuk ikan yang terbuat dari kerajinan khas Tasikmalaya yang didalamnya diisi dengan makanan khas Tasikmalaya, Secara lahiriah ikan selalu berenang maju apapun kondisinya dan ia tak pernah sekali-kali mundur, menggambarkan RSUD dr. Soekardjo selalu berusaha memberikan pelayanan yang prima dalam keadaan apapun, pengiring jampana karnaval berjumlah 20 orang berupa kolaborasi alat musik dan pencak silat, kerjasama Pegawai RSUD dr. Soekardjo dengan sanggar kesenian daerah.

(kosdinar/pkrs/Adv)***

 

 

Attachments
  • img_1863-kecil
  • img_1859-kecil
  • img_1858-kecil
  • img_1855-kecil
  • img_1851-kecil
  • img_0353-kecil
  • img_0440-kecil
  • processed-with-vsco-2
  • processed-with-vsco

Related Post