Selamat datang di website resmi Rumah Sakit dr. Soekardjo

Donor darah dapat menyelamatkan satu atau bahkan beberapa nyawa sekaligus. Donor darah tidak hanya bermanfaat bagi penerima darah tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan bagi pendonornya.

Salah satu cara untuk mensosialisasikan manfaat dari donor darah yang dilakukan oleh RSUD dr. Soekardjo Kota Tasikmalaya adalah dengan mengadakan penyuluhan kesehatan seputar donor darah di SMA Negeri 8 Kota Tasikmalaya. Kegiatan ini pertama kalinya RSUD dr. Soekardjo bekerja sama dengan SMA Negeri 8 Kota Tasikmalaya.

RSUD dr. Soekardjo mendelegasikan unit kerja Instalasi PKRS dan Unit Transfusi Darah Rumah Sakit (UTDRS) untuk melaksanakan kegiatan tersebut. Ace Sudrajat, S.Pd, M.Pd, yang merupakan Wakil Kepala Sekolah urusan humas SMA Negeri 8 Kota Tasikmalaya yang ditemui di sela-sela kegiatan tersebut mengungkapkan bahwa tujuan dilaksanakannya penyuluhan dan kegiatan donor darah tersebut untuk memberikan kesadaran sejak dini kepada para siswa untuk mengembangkan jiwa sosial dan spiritualnya.

Menurut Ace sebelum kegiatan ini berlangsung, pihaknya sudah terlebih dahulu memberikan arahan kepada para siswa untuk mengikuti kegiatan penyuluhan dan donor darah tersebut. Sebagai perwakilan untuk mengikuti kegiatan tersebut SMA Negeri 8 Tasikmalaya mengikutsertakan sekitar 100 lebih siswa mulai dari pengurus OSIS, MPK dan PMR yang meliputi kelas 10 dan kelas 11. “Untuk kelas 12 kebetulan sedang melaksanakan simulasi USBK selama dua hari”, ujar Ace.

Antusiasme dari siswa maupun guru SMA Negeri 8 Tasikmalaya sangat luar biasa dan menyambut baik pada kegiatan penyuluhan dan donor darah tersebut. Ace menambahkan kegiatan donor darah ini juga termasuk dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Selain itu, para siswa pun terlihat antusias menyambut kegiatan donor darah ini bahkan para siswa dengan semangat mempersiapkan segala sesuatunya untuk kelancaran kegiatan donor darah tersebut. “Para siswa begitu semangat membersihkan ruangan dan mempersiapkan peralatan yang akan digunakan dalam kegiatan penyuluhan donor darah”, tandas Ace.

Narasumber dalam kegiatan penyuluhan donor darah kali ini adalah dari UTD RSUD dr. Soekardjo yaitu Rina Suhartini, Amd. AK. Rina memaparkan penjelasan seputar donor darah mulai dari tahapan cara mendonor, kriteria pendonor dan manfaat dari melakukan donor darah.

Dalam kegiatan penyuluhan donor darah tersebut diselenggarakan pula sesi tanya jawab. Dalam sesi Tanya jawab terlihat para siswa begitu antusias untuk bertanya dan meminta penjelasan kepada narasumber. Pihak RSUD dr. Soekardjo juga menyediakan door prize bagi siswa yang mengajukan pertanyaan kepada narasumber. Selain itu ada pula sesi foto bersama setelah pelaksanaan penyuluhan.

Ace berharap kegiatan donor darah ini dapat berlanjut secara rutin, dan pihaknya akan membuat perencanaan atau pun MoU dengan RSUD dr. Soekardjo agar kegiatan seperti ini bisa terus berlangsung dan kedepannya dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Attachments
  • img_3980-kecil
  • img_4053-kecil

Related Post