Selamat datang di website resmi Rumah Sakit dr. Soekardjo

Hari Ginjal Sedunia / World Kidney Day (WKD) yang tahun ini diperingati pada tanggal 14 Maret 2019 dengan mengusung tema “Kidney Health for Everyone Everywhere”, setiap orang memiliki sepasang ginjal dalam tubuhnya, sama seperti organ lainnya, kita harus menjaga kesehatan ginjal agar organ yang satu ini dapat bekerja secara optimal, peringatan hari ginjal sedunia dimaksudkan untuk mengingatkan masyarakat betapa dewasa ini penyakit ginjal semakin mengkhawatirkan bahkan sering menyerang kelompok usia produktif, bahkan usia anak-anak. Oleh karena itu, perlu kepedulian dan kesadaran bersama untuk menekan angka penyakit ginjal.

Penyakit Ginjal kronis merupakan masalah kesehatan dunia dengan beban biaya kesehatan yang tinggi. Padahal, penyakit dapat dicegah dengan melakukan upaya pencegahan, pengendalian dan tatalaksana Hipertensi dan Diabetes Melitus sesuai standar. Gaya hidup manusia sekarang menjadi salah satu penyebab penyakit gagal ginjal, yang menyerang kelompok usia produktif. Aktivitas fisik yang kurang, bisa menimbulkan risiko terjadi gangguan ginjal. Untuk itu setiap orang diharapkan mampu mengetahui risiko gangguan gagal ginjal.

Penyakit Ginjal adalah suatu gangguan yang terjadi organ Ginjal. Penyakt ini timbul akibat berbagai faktor, misalnya infeksi, tumor, kelainan bawaan, penyakit metabolik atau degeneratif, dan lain-lain. Penyakit Ginjal kronis, biasanya timbul secara perlahan dan sifatnya menahun. Data Global Burden of Disease tahun 2010 menunjukkan, Penyakit Ginjal Kronis merupakan penyebab kematian ke-27 di dunia tahun 1990 dan meningkat menjadi urutan ke 18 pada tahun 2010. Lebih dari 2 juta penduduk di dunia mendapatkan perawatan dengan cuci darah / dialisis atau transplantasi Ginjal dan hanya sekitar 10% yang benar-benar mengalami perawatan tersebut. Sementara itu di RSUD dr. Soekardjo Kota Tasikmalaya tahun 2018 tercatat bahwa penyakit ginjal kronis menempati urutan 10 besar penyakit yaitu urutan ke-6 untuk pasien yang menjalani rawat inap dna urutan ke-9 untuk pasien yang menjalani rawat jalan, ini menandakan di Tasikmalaya pasien penderita penyakit ganggguan ginjal yang berobat ke RSUD dr. Soekardjo cukup banyak.

RSUD dr. Soekardjo Kota Tasikmalaya memperingati Hari Ginjal Sedunia dengan melakukan beberapa kegiatan penyuluhan kelompok di beberapa spot rumah sakit dan juga membagi-magikan brosur yang berisi tips menjaga kesehatan ginjal untuk para pengunjung dan masyarakat sekitar rumah sakit, kegiatan yang cukup sederhana namun diharapkan lewat kegiatan ini mampu memberikan kesadaran kepada masyarakat betapa pentingnya menjaga kesehatan ginjal.

Attachments
  • 2019-03-14-21-00-131
  • 2019-03-14-21-04-021

Related Post